Kamis, 07 Januari 2010

PENGAWASAN ORANG TUA KEPADA ANAK YANG MULAI MENYUKAI INTERNET


Setiap orang tua punya tanggung jawab terhadap perkembangan anaknya. Terlebih pada kegiatan sehari - hari termasuk pada saat melakukan aktivitas diinternet. Saat ini internet dapat dengan mudahnya bisa diakses anak-anak kita. Sebagai orang tua disarankan terus memantau setiap kegiatan anak-anaknya ketika berinternet, baik lewat komputer maupun ponsel.

Didalam rumah, orang tua bertanggung jawab penuh atas semua kegiatan anaknya. Untuk itu orang tua mau tidak mau harus memantau kegiatan anak dirumah pada saat berinternet. Tapi tidak mungkin selamanya kita memantau secara terus menerus, karena kesibukan orang tua pada pekerjaannya.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak pada saat berinternet. Diantaranya :
1. Orang tua harus mengetahui kegiatan apa yang sering dilakukan oleh anaknya, jika kegiatan tersebut berdampak positif. Maka secepatnya berikan pengetahuan terhadap dampak negatif pada kegiatan yang sering dilakukannya.
2. Jika perlu, orang tua terlebih dahulu melakukan eksplorasi diinternet. untuk mengetahui kegiatan positif apa yang bisa dilakukan diinternet sesuai dengan umur anaknya.
3. Jika anak menggunakan internet untuk membuka jejaring sosial, tanyakan kepada anak, dengan siapa saja mereka berkenalan dan apa yang sering dibicarakan di dunia maya.
4. Batasilah anak dalam penggunaan internet ( jam penggunaan maupun website yang digunakan )

0 komentar:

Posting Komentar