Jumat, 10 September 2010

IDENTIFIKASI PROGRAM MICROSOFT EXCEL

MENGENAL BUKU KERJA MICROSOFT EXCEL

Mari kita identifikasi bagian bagian penting dari area buku kerja microsoft excel tersebut sebagai berikut:
Catatan gambar:
Gambar diatas adalah tampilan buku kerja Exel 2003, bagi anda yang sudah memiliki Excel 2007 tidak perlu ragu karena perbedaanya hanya pada tampilan Menu Bar dan Tool Bar saja.
Menu Bar dapat disamakan dengan Baris Tab, sedangkan Tool Bar dapat disamakan dengan Group pada excel 2007.


Penjelasan Gambar:

Tabulasi:
Adalah baris yang menampilkan lembar kerja.
Buku kerja baru, secara defoult terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet) namun dapat ditambah jika diperlukan. Lembar kerja yang sedang aktif adalah Sheet yang warnanya lebih gelap.
Agar lebih mudah dalam pemahaman, anda bayangkan saja Workbook itu sebuah buku tulis, dimana setiap buku terdiri dari beberapa halaman untuk menulis. Kita dapat menulis dihalaman pertama (sheet 1), halaman 2 ( sheet 2 ), halaman 3 ( sheet 3 ) dan seterusnya.
Bukunya disebut Workbook dan halaman – halamannya disebut Sheet, dan halaman aktif yang sedang atau akan ditulisi disebut dengan lembar kerja (Worksheet).

Lembar kerja:
Adalah tempat kita menulis atau beraktifitas dengan microsoft excel.
Setiap lembar kerja (Worksheet ), terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris. Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C, D ……sampai IV, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,…. sampai 65536.

Name Box :
Adalah tempat menampilkan nama cell yang sedang aktif, terlihat nama cell yang aktif adalah A1. Cell adalah perpotongan antara baris dan kolom , diberi nama menurut nama kolom dan namor baris pada lokasinya.
Contohnya Cell A1, berarti cell tersebut terletak pada perpotongan antara kolom A dan baris 1.

Pointer:
Menunjukan posisi cell atau range yang aktif.
Range adalah sekumpulan cell yang berdekatan yang berbentuk persegi panjang.
Pointer berbentuk persegi panjang yang pinggirnya bergaris tebal

Indikator Formula;
Adalah tempat untuk melihat apa yang diketikkan pada suatu Cell. Melalui Indikator Formula ini kita juga dapat mengedit apa yang telah diketikkan pada cell yang aktif tersebut. Indikator Formula akan kosong apabila Cell atau pointer berada dalam keadaan kosong.

Control Menu:
Biasa juga disebut baris judul, menampilkan proggram yang sedang aktif. Terlihat program yang sedang aktif adalah Microsoft Excel.

Title Bar:
Menampilkan nama dokumen/ file yang sedang aktif. Terlihat dokumen yang aktif pada gambar adalah Book 1. Nama Bok 1 ini akan muncul secara otomatis pada saat kita mengaktifkan microsoft Excel pertama kali dan jika dokumen ini disimpan dengan nama lain, maka pada title bar akan muncul nama dokumen/ file yang disimpan tersebut.

Menu Bar:
Adalah baris menu yang berisi nama nama menu yang dimiliki oleh microsoft exlel

Tool Bar:
Adalah baris tools yang berisi perintah perintah yang dapat digunakan secara lansung. Perintah perintah tersebut ditampilkan dengan lambang lambang (icon)

Status Bar :
Adalah baris dokumen dokumen yang pernah diaktifkan, dengan mengklik dokumen tersebut anda akan berpindah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lainnya.

Scroll Bar ;
Adalah tempat kita mengulung lembar kerja. Scroll bar sebelah kanan untuk mengulung lembar kerja ke atas atau ke bawah, sedang scrollbar yang berada di bawah yaitu di sebelah kanan Tabulasi, untuk menggulung lembar kerja ke kiri atau ke kanan

0 komentar:

Poskan Komentar