Senin, 05 September 2011

Menerapkan Prinsip-Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

A. PRINSIP-PRINSIP K3

Pengguna komputer atau user kadang-kadang berada di depan komputer berjam-jam bahakan berhari-hari. Agar kesehatan tidak terganggu, maka dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakan komputer. Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar, kursi yang ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya. Yang kedua adalah posisi mata terhadap layar, jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah, maka leher jadi cepat lelah, maka sebaiknya digunakan layar yang Low Radiasi. Demikian juga posisi tangan pada keyboard, maka posisi tangan pada keyboard dibuat senyaman mungkin, sehingga tangan tidak cepat lelah. Dan pilihlah Tuts Keyboard yang lembut untuk mengetik.

B. MEMPERAGAKAN POSISI DUDUK YANG BAIK DAN BENAR

Posisi duduk yang benar adalah :

a. Menghadap komputer lurus

b. Tidak menyamping

c. Posisi punggung lurus

d. Komputer sejajar dengan mata

Jika duduk dalam jangka waktu yang lama, istirahatlah sebentar atau berdiri untuk meluruskan pinggang.

Jika duduk dalam jangka waktu lama, maka punggung kita akan kekurangan oksigen, sehingga menjadi nyeri. Agar rasa nyeri hilang maka harus dapat menormalkan kembali aliran oksigen ke punggung.

C. MENDEMONSTRASIKAN CARA MENGGUNAKAN KOMPUTER DENGAN MEMPERHATIKAN K3

Komputer juga harus diperhatikan dengan baik supaya komputer tidak cepat rusak.

1) Komputer harus diletakkan tempat yang aman (dari jangkauan anak-anak, aman dari api, aman dari sinar matahari yang terus-menerus dan aman dari percikan air.

2) Adalah penggunaan komputer. Setiap pemakaian komputer selalu diawali dengan pemasangan stop kontak kemudian menghidupkan power. Sesudah stop kontak dipasang maka dilanjutkan dengan tombol On

Berikut slideshow powerpoint yang diharapkan peserta didik lebih memahami materi K3 ini (sumber: http://smanda.edu-jatinangor.net/).


K3
View more presentations from frannugroho


0 komentar:

Poskan Komentar