Jumat, 05 Januari 2007

Manajemen File - Membuat Folder Atau Alamat

Pada Setiap Semester awal kelas X di SMA pasti diperkenalkan dengan yang namanya manajemen file yaitu bagaimana kita mengatur data-data di komputer yang berupa file agar mudah untuk mencarinya jika kita memerlukannya.

Basic komputer yang paling utama adalah manajemen file karena disinilah pangkal pokok gimana kita bisa mapan di dunia komputer otomatis kita akan mapan di dunia maya (Internet). Emang seorang Guru IT di haruskan paham mutlak alur program karena semua software yang ada di komputer adalah hasil dari alur logika program. Jadi jika seorang Guru IT paham secara baik tentang program maka dia akan membawa siswanya memahami sofware-software atau aplikasi yang ada di komputer dengan penalaran program juga sehingga secara basic siswa akan memakai penalarannya untuk menguasai komputer.

Saya contohkan tentang mouse yang Anda pakai sehari hari untuk menjalankan aktifitas kerja Anda secara cepat di depan komputer. Jika Anda perhatikan di akan mempunyai dua pilihan waktu Anda menyorot suatu icon yang ada di komputer Anda yaitu jika Anda klik kiri mouse maka yang terjadi di akan mengeksekusi atau menjalankan aplikasi itu tetapi kalau Anda klik kanan mouse maka Anda akan di beri banyak pilihan disitu yang bisa Anda gunakan misalkan "open" , "Delete", "Rename" dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Ada beberapa hal penting dalam manajemen file yang harus kita pahami secara basic atau dasar karena ini merupakan modal awal kita menguasai komputer secara benar.

1. Windows Explorer

Jika Anda memakai software Windows pelajaran utama yang terpenting adalah bagaimana kita menguasai windows explorer ini.


2. Membuat Alamat / Folder di Komputer

Langkah untuk membuat alamat atau folder adalah :


Latihan 1

1. Pada contoh di atas di jelaskan cara membuat alamat di dalam My Document dengan nama "Latihan 1", sekarang coba buat alamat atau folder di dalam "Latihan 1" dengan membuat 3 alamat yaitu "Ms. Word, Ms. Excel" dan Ms. Powerpoint !

2. Dari contoh di atas bisakah Anda mempraktikkan untuk membuat alamat atau folder di (C) (D) atau di (E) dan kalau punya flashdisk coba buat alamat atau folder di flashdisk Anda !


Semoga ini bisa bermanfaat untuk kita semua

0 komentar:

Posting Komentar