Minggu, 04 Februari 2007

Mengambil Gambar dari Internet

Pada saat menemukan suatu gambar, image atau object yang bagus di internet, bisa saja gambar tersebut kita ambil untuk hiasan wallpaper dari desktop komputer kita atau sekedar koleksi pribadi.
Berikut ini akan diberikan contoh-contoh cara pengambilan gambar atau image dari internet.

Contoh 1

Mengambil gambar dengan fasilitas Save Picture As.
Misalnya, cari dulu sebuah gambar Flash Disk (salah satu media penyimpan data sejenis disket dalam kapasitas besar). Jalankan browser internet, misalnya Internet Explorer, Mozilla Fire Fox atau Opera. Ketikkan di address bar salah satu alamat atau situs mesin pencari, misalnya Google. (www.google.com), klik tombol go atau tekan enter di keyboard. Sehingga muncul tampilan sbb :












Klik pilihan tombol tab Gambar dan ketikkan Flash Disk di kotak yang tersedia.














Setelah itu, klik tombol Cari Gambar, dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan sbb:

















Misalnya gambar yang akan diambil adalah gambar yang pertama paling kiri, paling atas, maka, tunjukkan panah mouse tepat pada gambar tersebut lalu klik kanan mouse, sampai muncul pilihan Save Picture As, seperti tampilan berikut:


















Setelah menemukan gambar yang akan diambil, klik kanan pada gambar yang dimaksud dan muncul beberapa pilihan, klik pada pilihan Save Picture As. sehingga muncul kotak dialog untuk menyimpan file sebagai berikut:





















Maksudnya, kita simpan dulu gambar yang akan diambil ke tempat penyimpanan file di komputer kita misalnya My Picture, My Documents, 31/2 Floppy A atau disket, atau bahkan disimpan ke Flash Disk. Dalam contoh ini, simpan gambar ke folder My Picture di komputer, maka di bagian Save in harus dipilih My Picture, setelah itu, gambar yang akan kita ambil bisa diberi nama langsung pada bagian File Name (seperti kalau kalian sudah mengerjakan tugas, kemudian disimpan dan file-nya diberi nama seperti biasa, sebelum di close atau di tutup. Jadi pada file name, tulisan images yg berwarna biru kita ganti dengan nama gambar yang akan kita ambil dari internet, yaitu, misalnya kita beri nama Flash Disk




















Catatan;

Jika kita hanya memiliki media penyimpan berupa disket, dan ingin menyimpan gambar tersebut ke disket, maka di bagian save in harus diubah menjadi pilihan 31/2 floppy A:

Setelah yakin, kemana kita akan menyimpan gambar, dan diberi nama, klik tombol Save.

Sekarang, kita sudah berhasil mengambil gambar dan menyimpannya di komputer (folder My Picture dalam My Documents).

Untuk melihat kembali gambar yang telah diambil tersebut, kita harus masuk ke exploring (windows explorer), caranya: bisa meng-klik kanan tombol Start pilih dan klik Explore klik My Documents Klik My Pictures kemudian klik menu view di toolbar bagian atas, dan pilih Thumbnail atau Filmstrip agar tampilannya langsung terlihat tanpa di open.

Atau, dengan cara lain, tombol Start Klik My Pictures sehingga muncul jendela My Pictures, kemudian tarik batang scroll ke atas atau ke bawah untuk mencari gambar yang telah di simpan seperti tampilan berikut:











Ternyata file gambar yang kita ambil dari internet (nama file: Flash Disk) sudah tersimpan dalam Folder My Picture di komputer kita.

Apabila ingin membukanya (open), kita tinggal men-double klik gambar tersebut, setelah itu gambar tersebut bisa kita edit, atau bahkan dijadikan wallpaper dari desktop komputer kita.

Contoh 2

Menggunakan fasilitas Copy (Ctr C ) - Paste ( Ctr V )untuk mengambil gambar dari internet.

- Jalankan internet

- Cari gambar yang akan diambil dengan mesin pencari misalnya mencari gambar Flash Disk dengan Google

- Setelah muncul gambar flash disk, klik kanan pada gambar yang dimaksud dan pilih Copy

- Buka salah satu program aplikasi, misalnya Microsoft Word

-Pada teks area pengetikan Ms. Word, klik kakan dan pilih Paste.

Catatan:

Gambar yang kita ambil dengan cara di atas (contoh 1), memiliki ukuran yang relatif kecil dengan kapasitas file yang kecil juga.

Untuk menjadikannya sebagai wallpaper desktop, klik kanan pada gambar yang dimaksud (gambar Flash Disk) dan klik pada pilihan Set As Desktop Background.

Selamat mencoba....


0 komentar:

Poskan Komentar